Asuransi Kesehatan

Oengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu investasi terpenting yang pernah kita buat. Penyakit, luka-luka, dan kemunduran medis lainnya dapat mahal secara astronomi jika kunjungan ke rumah sakit, operasi, atau tindakan serius lainnya diperlukan. Menjaga cakupan kesehatan adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa kita tidak terjebak dalam biaya medis darurat di luar saku. 

Asuransi Kesehatan

Untuk mendapatkan tingkat cakupan yang tepat, Anda harus mengerti bagaimana asuransi kesehatan bekerja. Artikel ini membahas beberapa konsep mendasar yang mengatur industri asuransi kesehatan, dan juga beberapa sumber cakupan kesehatan yang paling umum. Tujuan kami adalah untuk meringankan beban saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang pilihan cakupan kesehatan dan meneliti berbagai kebijakan asuransi.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Bagi ekspatriat yang terbiasa dengan cakupan asuransi yang luas yang mereka dapatkan di negara asal mereka, menemukan asuransi yang tepat untuk diri mereka sendiri, keluarga dan properti mereka di Indonesia dapat menjadi tantangan besar. Berikut adalah dasar-dasar asuransi yang perlu diwaspadai.
Hal pertama yang pertama. Jika seorang expat bekerja di sini, mereka harus memiliki tiga jenis asuransi yang berbeda: BPJS Employment, BPJS Health dan program jaminan sosial untuk pekerjaan di luar jam kerja (sebelum ini adalah Jamsostek atau rencana yang dapat dibandingkan di luar negeri). Sampai tahun lalu, pemerintah tidak benar-benar menerapkan peraturan ini dengan baik. Tapi mulai sekarang, pejabat mengatakan, jika seorang ekspat ingin mendapatkan lisensi diperpanjang untuk bekerja (IMTA), mereka perlu mencentang ketiga kotak ini. Biasanya, atasan Anda harus bisa menangani barang-barang ini melalui agen pihak ketiga. Namun, jika Anda berada di sini untuk jangka panjang, Anda mungkin ingin mempertimbangkan jenis asuransi lainnya juga.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Selain itu, kepercayaan tetap menjadi elemen kunci yang perlu dipertimbangkan orang asing saat memilih perusahaan asuransi di Indonesia. Jika bisa, selalu cari perusahaan terpercaya dari negara asal Anda yang menyediakan struktur kebijakan dan proses klaim serupa untuk ditransaksikan dengan kebutuhan asuransi Anda di Indonesia. Dalam kebanyakan urusan bisnis, ini adalah aturan praktis yang penting untuk berurusan dengan perusahaan (dan orang) yang membuat Anda merasa nyaman - dan hal yang sama berlaku untuk belanja asuransi di Indonesia.

Asuransi Umum  ( Joint Venture )
Ekspatriat harus menemukan beberapa perusahaan patungan asuransi umum  yang berafiliasi dengan penyedia asuransi terkemuka. Para ahli merekomendasikan orang asing untuk pergi dengan perusahaan asuransi terkenal dari negara asalnya, karena kemungkinan besar akan memberikan prosedur liputan, premi dan klaim yang sama.
Sebagian besar perusahaan asuransi umum joint venture juga menyediakan asuransi kesehatan, sementara semuanya menawarkan asuransi untuk kewajiban pribadi, kehidupan, perjalanan, kendaraan bermotor, rumah tangga dan pemilik rumah. Mereka juga menyediakan istilah yang mudah dimengerti.

Asuransi Rumah Negara
Orang asing perlu diberi tahu dengan baik tentang cakupan asuransi rumah mereka selama tinggal di luar negeri, dalam perjalanan bisnis dan selama perjalanan mereka ke dan dari pos negara lain yang ditugaskan.    
asuransi kesehatan
asuransi kesehatan
Mereka harus bertanya apakah kebijakan pemilik rumah mereka akan menutupinya atau tidak terlepas dari negara tempat tinggal mereka. Cari tahu tentang prosedur klaim untuk mencegah penderitaan dari kekhawatiran yang tidak perlu terkait dengan komplikasi yang mungkin timbul dari bekerja dengan perusahaan yang berbasis di luar negeri yang tidak selalu memiliki perwakilan yang akan melakukan penyelidikan secara lokal.

Pakar asuransi merekomendasikan ekspatriat untuk secara lokal mendapatkan perlindungan  asuransi untuk properti mereka, mobil mereka, rumah tangga mereka, staf rumah tangganya dan tanggung jawab pribadi mereka. Lebih sering daripada tidak, polis asuransi kesehatan dari negara asal ekspat mampu memberikan cakupan yang memadai.

Mengasuransikankaryawan
Perusahaan multinasional hampir selalu memiliki polis asuransi untuk karyawan mereka, yang biasanya merupakan kelompok kehidupan, kesehatan dan kebijakan kecelakaan pribadi. Perusahaan besar biasanya menggunakan jenis paket asuransi yang menarik ini sebagai titik penjualan sehingga bakat lokal yang kompeten akan mencari pekerjaan dengan perusahaan-perusahaan ini.
Jika Anda ingin memiliki skema asuransi internal, Anda mungkin juga mencari layanan dari perusahaan asuransi umum patungan yang terpercaya. Beberapa penyedia asuransi pemerintah mencakup perawatan kesehatan, usia tua, kecelakaan dan kematian. Pembayaran premi biasanya dibagi antara perusahaan dan karyawan. Penyiapan asuransi ini telah dimandatkan sebagai wajib bagi bisnis yang mempekerjakan lebih dari sepuluh pekerja dan membayar gaji lebih dari Rp10 juta (US $ 750) setiap bulannya.

Menjamin Rumah Tangga
Staf rumah tangga dapat dengan mudah diasuransikan dengan adanya rencana asuransi kesehatan nasional di negara yang dikenal dengan BPJS.
Meskipun tidak diwajibkan, mereka  biasanya menanggung biaya pengobatan dasar staf rumah tangganya, termasuk juru masak, supir dan pembantu rumah tangga Anda. Dengan kebiasaan, mereka berharap mendapatkan penggantian biaya pengobatan, biaya rumah sakit dan rawat jalan dan bantuan keuangan untuk biaya perawatan maternitas.

Para ekspatriat kadang-kadang memilih untuk tidak mendapatkan asuransi untuk staf rumah tangga mereka tapi malah menetapkan jumlah yang terbatas untuk biaya pengobatan yang akan mereka tawarkan untuk menutupinya dalam rentang waktu kerja setahun. Ini biasanya setara dengan gaji satu bulan.
Dalam sebuah artikel berjudul "Asuransi di Indonesia," Expat Web Site Association Jakarta menyarankan agar anggota staf rumah tangga menyerahkan laporan pemeriksaan medis yang membersihkan mereka dari TB dan penyakit menular lainnya sebelum pekerjaan mereka. Ini akan membantu memastikan mereka tidak terbebani dengan tagihan medis yang tinggi untuk karyawan rumah tangga yang sakit-sakitan. Karena ini adalah persyaratan pra-kerja, mereka mengharapkan majikan mengeksploitasi untuk membayar pemeriksaan medis ini.

Selain itu, ekspatriat diharapkan, meski tidak diminta, untuk memperluas kemurahan hati mereka kepada anggota keluarga dekat staf rumah tangganya. Mereka mungkin mencari bantuan keuangan dalam bentuk pinjaman untuk kebutuhan medis mereka. Dianjurkan untuk menangani kasus ini berdasarkan kasus per kasus.

Kejahatan terhadapekspatriat
Jelas, menjadi seorang ekspat tidak membebaskan Anda dari kekacauan politik, kekerasan atau kejahatan di negara ini.
Perusahaan harus memperoleh cakupan yang memadai untuk melindungi properti asing yang telah menjadi target meningkatnya kasus vandalisme dan penghancuran selama beberapa tahun terakhir. Kasus-kasus ini disebabkan oleh ketidaksetaraan yang dirasakan antara profesional ekspat dan pemilik bisnis dan rekan-rekan lokal mereka.

Kewajiban Pribadi
Orang asing harus membeli pertanggungan untuk pertanggungjawaban pribadi mereka. Dengan sistem peradilan Indonesia menjadi mimpi buruk bagi ekspatriat, spesialis asuransi menyarankan setiap orang asing untuk membeli sebuah kebijakan pertanggungjawaban pribadi dengan perusahaan asuransi joint venture terlepas dari cakupan mereka di seluruh dunia dari kebijakan mereka di negara asal mereka. Pastikan untuk memiliki pekerjaan ini diturunkan ke perusahaan asuransi terkemuka yang akan menjamin bahwa klaim Anda segera dibayar atau diperselisihkan atas nama Anda.

Aset Investasi
Sebagai expat, Anda dapat meminta pendapatan Anda diinvestasikan dalam rencana asuransi yang dapat membantu Anda menghemat uang, entah itu untuk dana darurat, masa pensiun atau pendidikan anak-anak Anda. Melindungi diri Anda, keluarga dan properti Anda di negara asal Anda sama pentingnya dengan melindungi staf rumah tangga, aset dan prestasi Anda dalam kehidupan baru Anda di Indonesia.

Semoga dapat memberikan sedikit tambahan informasi tentang Asuransi Kesehatan, dan juga tambahan pengetahuan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Asuransi Kesehatan"

Posting Komentar