Pengertian Webstite Hosting

Apa pengertian Website Hosting  atau Web Hosting ?

Web Hosting merupakan bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang dimanfaatkan seseorang atau  perusahaan untuk menyimpan produk atau jasa di di web / situs Internet. Tempat  yang dimaksud adalah  tempat penyimpanan data  yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat terhubung dengan akses internet. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Pengertian Webstite Hosting

Pada umumnya server web hosting  merupakan sebuah komputer biasa dengan beberapa komponen tambahan dasar  dan program server. sebuah komputer server web hosting tersebut harus dapat online 24 jam setiap hari tanpa  berhenti atau dimatikan dalam  jangka waktu yang lebih lama  dari komputer biasa
Sampai sini sudah jelas ya?
Manfaat Website Hosting
Manfaat Website Hosting merupakan tempat  yang digunakan untuk penyimpanan para pemakai  web untuk menyimpan data data yang digunakan dalam membangun sebuah web yang dikelola. Data-data yang disimpan tersebut dpat berupa video, gambar, email, data-data pendukung yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah website atau blog    yang berfungsi untuk mempromosikan jasa atau sebuah informasi  agar dapat dibaca, dapat juga untuk mengahasilkan uang. Jasa penyewaan sebuah web hosting  biasanya dibayar dalam jangka waktu per bulan.
Webstite Hosting


Tips Memilih Web Hosting
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jasa penyewaan web hosting  agar tidak sia-sia dalam  penggunaanya
1 Kapasitas
Perihal pertama adalah kapasitas atau jumlah tempat penyimpanan web hosting tersebut, kita dapat menetukan  jumlah kapasitas ukuran sesuai dengan keperluan kita, kapasitas yang bisa kita pilih adalah  25 MB, 500 MB atau bahkan 1 GB. Kita  harus  memaksimalkan dalam pemilikan kapasitas agat tidak sia-sia dalam penggunaanya,  karena semakin besar kapasitas web hosting yang kita sewa maka harganya pun juga semakin mahal.
2. Teknologi
Perihal kedua adalah mengetahui operating sistem apa yang kita pilih untuk mengelola sebuah website atau  blog, pilihan tersebut adalah server linux atau server windows.
3. Support
Perihal ketiga adalah tentang suport, ada baiknya seblum anda menyewa website hosting adan mengetahui tentang layanan yang diberikan apakah web server tersebut akan online selama 24 jam. Untuk menjaga masalah yang akan timbul sebaiknya ada bertanya dan mendapatkan infomasi secara jelas sebelumnya
4. Database
Perihal keempat adalah Database sebuah web hosting tersebut. Jika kita akan membangun sebuah website  secara dinamis maka jasa penyewa web hosting tersebut juga  menyediakan layanan database. Kita harus jeli sebelum menyesa jasa web hosting khususnya dalam jumlah data base yang disediakan, seperti My QSL, PostgreSQL, Access, dan lain sebagainya.
5. Backup
Dalam menjaga keamanan data yang kita miliki kita harus memperhatikan  jasa penyewaan web hosting  memiliki  layanan  backup data. Karena apabila penyewa web hosting  tidak memiliki layanan backup apabila terjadi trouble maka data kita akan hilang.           
6. Bandwidth
Ukuran atau jumlah Bandwidth yang ditawarkan jasa penyewa web hosting adalah besarnya data transfer selama sebulan. artinya dalam satu perusahaan hosting menyediakan jumlah maksi mal bandwidth 1 GB selama 1 bulan, dan Anda memiliki file HTML dengan ukuran 20 kb beserta jumlah pengunjung per hari 100 orang. Maka Anda akan menghabiskan bandwidth per hari 20 kb x 100 orang = 2000 kb /2 MB. Sedangkan untuk sebulan maka 2MB x 31 hari = 62 MB.

Semoga sedikit penjelasan singkat tentang Wbsite Hosting dapat memberikan wawasan dan pengetahuan serta modal untuk sobat mulai berusaha mencari uang secara online.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Webstite Hosting"

Posting Komentar