10 Manfaat Madu

10 Manfaat Madu 

Rasa manis madu segar dan ringan, yang juga disebut 'cairan keemasan', cocok untuk teh, kopi, air jeruk nipis atau selai kacang di sandwich. Padahal, madu adalah salah satu bahan alami tertua yang dikenal manusia.
madu alami

Selama berabad-abad, budaya yang berbeda telah menggunakan zat manis ini yang dibuat oleh lebah dari nektar bunga baik untuk keperluan kuliner maupun pengobatan. Praktek peternakan lebah tanggal kembali ke 2400 SM di Kairo, Mesir. Bahkan keindahan kuno Cleopatra yang terkenal pasti berendam madu dan mandi susu untuk menjaga kecantikannya yang abadi.

Madu mentah, yang belum dipasteurisasi dan tidak mengandung bahan baku, memiliki sifat antibakteri, antiseptik, antioksidan dan antijamur yang kuat. Sumber gula alami yang kaya, madu juga mengandung riboflavin, niasin, vitamin B12 dan C, kalsium, besi, potasium, fosfor dan magnesium.

Manfaat kesehatan dan penyembuhan madu tidak ada habisnya. Sebenarnya, Anda akan terkejut mengetahui tentang kegunaan madu yang mengagumkan.

10 Manfaat   madu yang luar biasa

Berikut adalah 10 keajaiban menakjubkan dan penggunaan madu yang luar biasa.
1. Menyembuhkan luka
luka gores

Bila Anda memiliki luka atau luka ringan, daripada mencari krim antiseptik over-the-counter, ambil saja toples madu Anda.
Madu bekerja sebagai antiseptik alami dan memiliki banyak khasiat antimikroba yang bisa mensterilkan luka dan meningkatkan penyembuhan, sekaligus mengurangi rasa sakit, bau dan ukuran luka. Ini juga memiliki komponen penting yang disebut glucose oxidase, enzim yang menghasilkan hidrogen peroksida. Ini menambah kemampuan penyembuhan luka madu.Penggunaan madu untuk penyembuhan luka karena merangsang pertumbuhan jaringan. Ini juga mengurangi risiko terkena infeksi, berkat kandungan antioksidan dan hidrogen peroksidanya. Sederhananya lapisan madu murni, sebaiknya manuka madu (medical grade), di tempat luka dan tutup dengan kasa dan perban, jika diperlukan. Ulangi beberapa kali sehari, sesuai kebutuhan.

2. Mengobati luka bakar ringan
luka bakar

Saat bekerja di dapur, menyalakan api yang nyaman atau menyalakan kembang api, banyak di antara kita mengalami luka bakar ringan. Madu mentah dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit, dan sifat antibakteri alami secara efektif mencegah infeksi. Madu memperlakukan luka bakar ringan bahwa dressing madu mensterilkan luka pada pasien luka bakar dalam waktu yang lebih singkat, meningkatkan penyembuhan dan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam hal bekas luka hipertrofik dan kontraktur postburn, dibandingkan dengan saus perak sulfadiazine.

Cukup oleskan beberapa madu ke luka bakar ringan, ringan menutupi daerah yang terkena seperti salep antibiotik. Ulangi sesuai kebutuhan sampai luka sembuh.
Catatan: Pastikan telah membilas tempat bakar dengan air dingin segera setelah mengalami luka bakar.

3. Menenangkan sakit tenggorokan dan batuk
sakit tenggorokan

Bila Anda sakit tenggorokan atau batuk, sedaplah sesendok madu untuk mendapatkan kelegaan instan. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan madu sebagai obat batuk alami. Madu bekerja sebagai penekan batuk. Ini juga membantu membersihkan lendir dan menenangkan tenggorokan Anda. Madu menenangkan sakit tenggorokan dan batuk  bahwa dosis 2,5 mL madu sebelum tidur memiliki efek pengeringan yang lebih besar pada batuk akibat infeksi saluran pernapasan bagian atas dibandingkan dengan obat dekstrometorfan dan diphenhydramine yang umum digunakan.

Cukup minum secangkir susu panas atau teh herbal yang menenangkan dengan 1 sendok makan madu dua kali sehari untuk menenangkan sakit tenggorokan.

4. Mengalahkan Insomnia
insomnia

Manfaat lain mengejutkan madu adalah bahwa hal itu akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.
Madu mempromosikan tidur dengan dua cara. Pertama-tama, ini memastikan pasokan glikogen hati yang memadai pada malam hari saat Anda tidur. Ini berarti ketika Anda makan madu sebelum tidur, tubuh Anda akan memiliki persediaan glikogen hati dan otak Anda tidak akan memicu pencarian darurat untuk bahan bakar, yang dapat menyebabkan tidur terganggu.

Madu mengalahkan insomnia
Kedua, madu memastikan tidur nyenyak dengan merangsang pelepasan insulin dan membiarkan triptofan memasuki otak dengan mudah. Ini berkontribusi pada pelepasan melatonin di otak. Melatonin adalah hormon yang diperlukan untuk tidur restoratif.

Sebelum tidur, minumlah secangkir teh herbal atau segelas susu hangat dengan 1 sendok teh madu di dalamnya.

5. Mengobati Alergi Musiman
alergi

Jaga sebotol madu lokal berguna jika Anda rentan terhadap alergi musiman yang menyebabkan mata berair dan gatal, hidung meler, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala dan sulit bernafas.
Madu lokal bekerja sebagai pengobatan alami yang baik untuk alergi musiman. Mengkonsumsi madu lokal secara teratur akan membantu Anda mengembangkan kekebalan terhadap serbuk sari lokal.

Madu memperlakukan alergi musiman bahwa pasien yang menggunakan madu serbuk sari secara premaniton secara signifikan memiliki kontrol lebih baik terhadap gejala mereka daripada obat konvensional saja dan kontrolnya sedikit lebih baik dibandingkan dengan madu mentah.

Dapatkan bantuan dari alergi musiman dengan minum beberapa sendok teh madu lokal setiap hari. Pastikan Anda menggunakan madu buatan lokal, karena mengandung serbuk sari dari daerah Anda yang menyebabkan alergi.

6. Menyembuhkan Hangover
mabuk / Hangover

Banyak orang menikmati akhir pekan mereka dengan menikmati minuman beralkohol - seringkali, terlalu memanjakan. Kemudian, saat Anda bangun setelah malam yang nyenyak, Anda pasti merasakan sakit di kepala Anda.
Madu menyembuhkan mabuk, Alih-alih meraih aspirin untuk menyingkirkan mabuk itu, pilih sebotol madu. Madu dapat secara efektif mendapatkan sisa-sisa alkohol terakhir dari sistem Anda karena fruktosa di dalamnya membantu memetabolisme alkohol. Fruktosa di dalamnya juga akan memberi Anda dorongan energi yang sangat dibutuhkan.

Dengan murah hati menyebarkan madu di selembar roti panggang atau kerupuk dan memakannya untuk membantu tubuh Anda memproses alkohol lebih cepat dan menetralisir racun yang tercipta dari minuman keras Anda. Anda juga bisa memilikinya dengan segelas air lemon untuk hasil yang lebih cepat.

7. Menyembuhkan Ulkus Peptik
Madu juga bisa membantu mengobati borok peptik yang disebabkan bakteri Helicobacter Pylori. Berkat sifat antibakterinya yang manjur, madu murni membantu menghambat pertumbuhan bakteri ini dan menghilangkannya dari lapisan perut.
Ulkus Peptik

Madu menyembuhkan tukak lambung, potensi antibakteri pada berbagai merek madu yang dapat membantu membunuh bakteri H. pylori. Juga, madu menghasilkan sejumlah kecil hidrogen peroksida yang membantu mengobati penyakit perut seperti gastritis.  Makanlah 1 sendok makan madu lokal murni atau madu manuka setiap hari sampai bisul peptik Anda sembuh.

8. Menyembuhkan Psoriasis
Psoriasis adalah kelainan kulit yang umum yang menyebabkan kemerahan, lecet, gatal dan bahkan lesi. Madu bisa memberikan kelegaan dari gejala ini dengan cara mengobati iritasi kulit.

borok atau / ulkus peptik
Properti pelembabnya membentuk lapisan pelindung pada kulit yang rusak dan meningkatkan penyembuhan. Plus, ia memiliki senyawa anti-inflamasi yang melawan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu menyembuhkan psoriasis bahwa madu Kanuka mungkin memiliki khasiat yang sama dengan krim berair dalam pengelolaan psoriasis. Namun, ini memerlukan konfirmasi melalui studi lebih lanjut.

9. Meningkatkan Kesehatan Rambut
Madu juga bagus untuk rambut Anda. Sifat pelembab dan antioksidannya membantu menjaga rambut tetap lembut dan halus.
Ini juga bekerja sebagai pembersih kulit kepala dan menjaga tingkat pH seimbang untuk kulit kepala yang sehat.
Madu meningkatkan kesehatan rambut bahwa efek terapeutik dan profilaksis dari madu mentah dapat memperbaiki secara nyata dermatitis seboroik dan kerontokan rambut terkait, dan mencegah kambuh saat dioleskan mingguan.

kecantikan rambut


Setelah keramas rambut Anda, lumuri ujungnya dengan sedikit madu. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Lakukan ini setiap kali Anda shanpoo rambut Anda agar tetap lembut dan halus.
Pilihan lainnya adalah dengan menambahkan 1 sendok teh madu ke 1 liter air, dan gunakan larutannya sebagai bilas setelah mencuci rambut Anda. Biarkan rambut Anda kering secara alami.
Untuk rambut rontok, campurkan 2 sendok makan masing-masing madu dan jus bawang merah. Gunakan untuk memijat kulit kepala dan akar rambut Anda. Biarkan selama 30 menit sebelum mencuci rambut seperti biasanya. Gunakan obat ini dua kali seminggu sampai Anda puas dengan hasilnya.

10. Meningkatkan Memori
Pemanis alami ini juga bisa memperbaiki ingatan jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini terutama terjadi pada wanita menopause dan pascamenopause.wanita pascamenopause diberi madu Tualang selama 16 minggu. Temuan ini menunjukkan banyak perbaikan dalam memori langsung mereka dibandingkan dengan wanita yang diberi terapi hormon estrogen dan progestin.
otak 

Madu meningkatkan memori,  bahwa peningkatan pembelajaran dan memori setelah suplementasi madu Tualang disebabkan oleh peningkatan signifikan dalam morfologi otak dan peningkatan sistem kolinergik otak, yang mungkin sekunder akibat kerusakan oksidatif dan / atau kerusakan otak. Regulasi konsentrasi faktor neurotropika yang diturunkan dari otak.

Ambil 1 sampai 2 sendok makan madu Tualang baik di pagi hari, setengah jam sebelum sarapan pagi, atau sebelum tidur. Lakukan ini secara teratur

Semoga artikel tentang 10 Manfaat Madu dapat bermanfaat.

Artikel disarankan
1.  Cara Mengusir Semut

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "10 Manfaat Madu "

Posting Komentar