Tugas Akhir Program (TAP), Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar
Khusus bagi mahasiswa yang mendapat tugas membuat penyelesaian masalah yang terjadi di sekolahnya untuk sebagai tugas yang diberikan oleh Dosen, Dosen Pembimbing ataupun tutor, berikut ini adalah sebuah contoh laporan Tugas Akhri Program yang pernah saya buat.
langsung
Judul : Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar
Latar Belakang Masalah
Yuni adalah guru SDNegeri 4 Tamanagung, pada saat mengajar pelajaran IPA kelas 4 dengan topik Sumber Daya Alam. Bu Yuni masuk kelas, sebelum pelajaran dimulai Bu Yuni menyuruh anak-anak untuk berdoa, kemudian anak-anak mengucapkan salam dan Bu Yuni menj awab ucapan salam dari anak-anak. Bu Yuni menjelaskan bahwa pelajaran hari ini akan membahas tentang Sumber Daya Alam dan Hasilnya.
Untuk merespon proses pembelajaran Bu Yuni memberikan sedikit penjelasan dan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. Semua sudah bisa menjawab pertanyaan yang Bu Yuni berikan kepada setiap siswa tetapi disitu ada salah satu siswa yang diberi pertanyaan berkali-kali tidak bisa menjawab. Namanya adalah Sandi, siswa tersebut merupakan tergolong dari keluarga tidak mampu. Sandi memiliki dua saudara kandung sedangkan orang tuanya hanya bekerja serabutan.
Saat diberi pertanyaan Sandi hanya tersenyum dan menjawab”saya tidak bisa Bu !”, padahal soal yang berikan tergolong soal mudah, tetapi tetap saja tidak bisa menjawab.
Identifikasi Masalah
a. Anak tidak mau mendengarkan saat guru sedang menerangkan pelajaran
b. Mengajak teman sebangkunya untuk diajak bicara
c. Sering menggangu temannya dengan cara mengalihkan perhatian ketika temannya berkonsentrasi dalam mendengarkan penjalasan guru.
Pokok Masalah
a. Anak tidak punya keinginan untuk belajar
Rumusan Masalah
Rumusan Masalah
a. Bagaimana meningkatkan motivasi belajar Sandi ?
Alternatif Pemecahan Masalah
a. Mencari tahu penyebab masalah pada anak tersebut
b. Pemberian motivasi pada siswa dan memberi perhatian yang lebih pada anak tersebut
Analisis Masing-Masing Alternatif Pemecahan Masalah
Kekuatan
a. Mencari penyebab masalah anak tersebut yaitu mengawasi segala permbuatan dan tingkah lakunya daat pelajaran, agar guru tahu penyebab lain yang terjadi pada anak tersebut, sehingga guru bisa memantau permasalahan yang timbul pada anak tersebut terhadap keinginan untuk belajar di sekolah
b. Pemberian motivasi yaitu memberikan dorongan kepada anak tersebut untuk bisa semangat dalam belajar supaya anak bisa tertarik untuk mendengarkan penjelasan guru dari pada bicara sama teman ketika guru menjelaskan materi pembelajaran. Memberikan perhatian pada anak dengan cara sering mengajak komunikasi tentang pelajaran yang akan diberikan guru kepada siswa agar anak tersebut mempunyai gambaran terhadap materi pelajaran yang akan dijelaskan. Dan memberikan perhatian khusus pada anak dengan sering memberikan pertanyaan saat pelajaran agar anak tersebut selalu berkonsentrasi pada pealajaran dan selalu memberikan kesempatan bertanya. Untuk memberikan penguatan dapat dilakukan dengan cara memberikan pujian jika anak tersebut dapat menjawab pertanyaan.
Kelemahan
a. Saat guru melakukan pengawasan untuk mencari penyebab masalah yang timbul pada siswa, maka pelajaran akan terganggu dan perhatian kepada siswa lain akan tersita hanya pada satu anak.
b. Jika pemberian penguatan tidak tepat akan mebuat si anak menjadi besar kepala dan menyebabkan siswa lain menjadi iri.
Alternatif Pemecahan Masalah Yang Digunakan
a. Memberikan perhatian khusus pada anak yaitu memperhatikan perlakuan anak ketika dia berada di dalam kelas agar anak selalu memperhatikan materi pelajaraan yang diberikan guru ketika guru menjelaskan materi yang diberikan kepada siswa. Anak tersebut sering diberi soal-soal pertanyaan secara lisan dan dia langsung disuruh menjawabnya. Ketika guru menjelaskan materi yang diajarkan anak tersebut harus selalu dalam pantauan guru agar dia tidak punya kesempatan untuk bicara dengan teman sebangkunya.
Semoga bermanfaat
Semoga bermanfaat
0 Response to "Tugas Akhir Program, Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar"
Posting Komentar