9 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Operator Sekolah Sebelum Melakukan Sinkronisasi dan Kepala Sekolah Wajib Tahu

E-PUSAT SUMBER BELAJAR
9 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Operator Sekolah Sebelum Melakukan Sinkronisasi dan Kepala Sekolah Wajib Tahu



Salah satu tugas wajib sebagai operator ialah melakukan sinkronisasi pada akhir bulan, dengan tujuan mengupdate data sekolah, sarpras, GTK (didalmnya termasuk PTK, GTT, dan PTT), Peserta didik, Rombongan belajar dan tidak boleh dilupakan adalah keaktifan PTK dan PTT.
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasannya perbaikan-perbaikan data-data yang kebetulan belum valid pada lembar cek info GTK  saat ini hanya bisa dikirim dalam  sinkronisasi dari versi terbaru aplikasi Dapodikdas.
Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati dalam melakukan  entri atau input data, dan alangkah baiknya jika sebulum melakukan sinkronisasi memperhatikan hal-hal berikut :
  1. Pastikan menggunakan versi aplikasi Dapodik terbaru (cek pembaruan terlebih dahulu)
  2. Input data update terkait dengan PTK, PD, Sarpras, dan lain-lain (bila diperlukan).
  3. Pengaturan waktu ke sekarang (Indonesia).
  4. Cecklist / centang keaktifan PTK aktif pada “Penugasan”.
  5. Kemudian, cek kembali kebenaran data sekolah induk / bukan induk dari PTK aktif tersebut.
  6. Cek pada "Jenis PTK” (untuk SD : Guru Kelas & Guru Mata Pelajaran), sedangkan SMP “Guru Mata Pelajaran & Guru Bimbingan Konseling”.
  7. Lihat kembali hasil cek validasi data per-individu PTK yang sudah kita simpan dari hasil cek pada lembar info  GTK  dalam format Pdf. Pastikan kembali seluruh data-data yang invalid (berwarna merah) telah kita perbaiki semua,
  8. Cek kembali, bukan hanya validasi dari data-data yang berwarna merah saja, yang berwarna hitam dan biru pun perlu kita cek kembali, salah satunya pada TMT PNS,  maupun pangkat terakhir, serta riwayat gaji berkala yang akan mempengaruhi jumlah penerimaan tunjangan profesi bagi guru bersangkutan nantinya. (selalu ingatkan PTK jika mendapat SK baru, serahkan COPY nya ke Operator Sekolah)
  9. Jika Perlu Unduh “Profil Sekolah” dari aplikasi terbaru untuk dicermati dan diteliti kembali, khususnya data-data pokok PTK, jenis sertifikasi, JJM, dan lain-lain.Setelah sinkronisasi berhasil, kurang lebih 1 jam kemudian, silahkan cek pada progress pengiriman sekolah Anda dengan input kode registrasi Dapodikdas sekolah seperti biasanya. (jika dalam kondisi darurat
Khusus untuk melihat perubahan data pada lembar info GTK, kita harus bersabar, untuk cek kembali pada links-links cek lembar info GTK selang 1 sampai dengan 2 minggu ke depan (terhitung dari waktu sinkronisasi berhasil).

e-Pusat Sumber Belajar - CEK HASIL SINKRON DAPODIK

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "9 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Operator Sekolah Sebelum Melakukan Sinkronisasi dan Kepala Sekolah Wajib Tahu"

Posting Komentar